Kamis, 10 Januari 2008

bakat!

Sering sekali saya mendapatkan pertanyaan ini, 'perlu bakat ya untuk main musik?'. Entah itu orang tua dari anak yg mau belajar drum, atau orang yg tertarik dengan drum, bahkan tidak jarang dari murid saya sendiri.
Biasanya jika ditanya perlu gaknya bakat dalam bermain drum atau musik, jawaban saya, "Perlu sekali! Anda harus punya BAKAT PANTANG MENYERAH untuk belajar musik". Biasanya lawan bicara saya akan tertawa, atau menganggap saya bercanda.
Sayangnya hal tsb benar. Untuk belajar apapun juga kita harus punya 'bakat' pantang menyerah, mungkin kalo menggunakan istilah saya, 'bakat keras kepala'. Saya termasuk orang yg tidak terlalu berbakat di musik. Feeling saya kurang, intuisi saya terhadap not buruk. Berbeda dengan ade saya yg ke3. Dia punya bakat, intuisi dan feeling yg bagus sekali dalam bermusik.
Namun saya punya kemauan dan senang untuk belajar, juga yg terutama saya sangat menyukai musik, khususnya drum. Jadi kalo satu kali saya masih belum bisa, maka tidak segan-segan untuk belajar dua kali lipat dari orang lain. Jika dua kali lipat masih belum cukup, maka saya akan belajar empat kali lipat dan begitu seterusnya.
Memiliki bakat dalam bermusik atau bidang tertentu itu baik, malah merupakan sebuah nilai positif, tapi tanpa kemauan, ketekunan dan kerja keras (baca bakat keras kepala.red) maka bakat tsb menjadi sia-sia, seperti 'a fool and his money are easily parted'.
"Tapi kak, saya rasa saya sudah belajar 2X lipat dari orang lain, belajar 6-8jam sehari, tapi kemajuan saya lambat". Keras kepala butuh kecerdasan. Keras Kepala tanpa berpikir hanya menjadi pembuat onar dalam suatu kesempatan. Kuantitas berlatih dengan kualitas berlatih sering kali tidak berjalan seiring. Kebanyakan dari kita punya kemauan, punya waktu, tapi tidak tahu apa yg mau dilatih.
Bakat Keras Kepala juga harus memiliki kepandaian untuk tahu apa yg harus dilatih, dan kapan harus mencari mentor atau guru. Kemauan tanpa arah dan tangga yg jelas akan membawa kita pada ketersesatan. Ketersesatan akan menghabiskan waktu dan tidak membuat kita sampai pada titik yg kita inginkan.
Memiliki sebuah bakat dalam bidang tertentu itu baik, tapi itu diurutan kesekian. Kamu harus memiliki kemauan dan kerja keras, maka bakat musik atau bakat menulis atau apapun itu akan melekat dikamu seiring dengan kerja keras kamu.

_____________
This mail sent by Sony M600i

0 comments: