Selasa, 28 Agustus 2007

Mengatas Rasa Gugup saat Bermain

Beberpa waktu lalu di sebuah forum musik tanah air, seya membaca sebuah topik yang saya rasa cukup bagus. Isi topik tsb, bagaimana mengatasi rasa gugup sebelum manggung. Ini mengingatkan saya kembali beberapa tahun lalu saat saya membaca sebuah buku dengan judul asli 'The Best of Concepts', penulis Roy Burns, master drummer era 60an. Buku ini sempat di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia untuk pertama kali oleh PT Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2003, dg judul 'Mau Jadi Drummer Profesional? ini Panduannya!' (kenapa judul Indonesianya norak bangat ya).

Menurut saya buku ini terlalu bagus dan sangat sayang di lewatkan untuk di baca oleh drummer manapun.

Anyway, disalah-satu babnya dia menyinggung mengenai Konsentrasi. Kemampuan berkonsentrasi dan mempertahankan perhatian sekalipun diserang rasa takut or tertekan amat sangat penting dan dibutuhkan oleh, baik musisi yg profesional maupun become profesional.

Misalnya jika kita gugup pada saat sesi rekaman or audisi, makan kita akan kehilangan konsentrasi. Kita berharap, "semoga aku tidak melakukan kesalahan", namun justru kita akan tenggelam dalam pikiran tsb dan akhirnya malah kita melakukan kesalahan dan menjadi lebih gugup dan lebih banyak membuat kesalahan lagi.

Beberapa orang (dan terkadang juga saya sendiri) membangun self confidance dengan berlatih dan mengatakan kepada diri sendiri bahwa saya akan bermain dg baik. Sering kali ini menolong sebelum akhirnya saya tenggelam dalam rasa percaya diri berlebih karena dilakukan terlalu sering dan tidak realistis.

Biasanya saya jadi over confidance sehingga berakhir menjadi permainan 'semau gue'. Dengan kata lain, bermain secara berlebihan karena saya yakin diri saya benar-benar hebat.

Nah saran mr Burns ini benar-benar ok bangat (dan sudah teruji dan terbukti. Jadi kunjungi segra otlet-otlet kami).

Dia mengatakan metodeh termudah (yang sebenarnya tidak mudah) adalah meningkatkan kemampuan berkonsentrasi.

Ketika kita sungguh2 berkonsentrasi, kita tidak akan menjadi percaya diri secara berlebihan atau sebaliknya, tidak percaya diri; semata-mata mata kita berfokus pada tugas yg harus di kerjakan. Ketika kita berkonsentrasi total, tidak ada ruang bagi rasa gugup/takut or sebaliknya, over confidance.

Jangankan biarkan pikiran mengambang or melayang-layang, ini bukti bahwa kamu sedang tidak berkonsentrasi. Misalnya saat sedang latihan, sso mengtakn sst kepadamu lalu kamu berkata, "sori, ngomong apa tadi?". Itu artinya kamu berada di tempat lain, artinya kamu sedang tidak konsen, artinya kamu melamun.

Konsentrasi membuat kita peka, ware dengan kondisi sekitar kita. Misal saat sso menodong kamu dengan pisau, tidak mungkin pikiranmu dibiarkan melayang. Kamu pasti berusaha berkonsentrasi agar dapat keluar dari situasi tsb dengan selamat; kamu akan lebih peka dan beware dengan kondisi sekitarmu.

Jadi lupakan ketakutanmu dan berkonsentrasi agar bisa bekerja lebih baik. Katakan pada dirimu, "aku ada dlm situasi ini karena mereka mpercayaiku. Karena itu aku akan berkonsentrasi penuh pada musik&permainanku. Dengan begitu aku bisa melakukan yg terbaik dalam kondisi ini".

Namun konsentrasi pun tidak secara ajaib menghilangkan rasa takut&tekanan, itu sangat sulit. Bagi saya bukan ide yg bagus. Seperti contoh di todong pisau, rasa takut itu memliki sisi baik yg membuat kita lebih siaga. Rasa takut&tertekan itu wajar, namun kita harus mengatasi emosi-emosi tsb sehingga kita tidak perlu melakukan kesalahan yg tidak perlu (karena ada jg kesalahan-kesalahan yg perlu).

Beberapa tips mengenai konsentrasi:

· Konsentrasi adl keterampilan yg bisa dan harus dikembangkan. Belajar memfokuskan perhatian pd hal-hal yg penting

· Kita akan sangat mudah berkonsentrasi pd hal-hal yg menarik. Kita tidak bisa memaksa diri utk fokus trhdp hal yg tidak menari bagi kita, seperti fokus menonton cacing gulat. Jika kita sulit berkonsntrasi tanyakn pd dirimu, "kenapa situasi ini penting bagiku? Apa keuntungan bagiku?". Ini akan mbuat kita lebih fokus.

Tidak ada jalan pintas or formula ajaib. Konsentrasi tidak menggantikan bakat, keterampilan, latihan, atau pengalaman, namun konsentrasi membantu agar semuanya itu bisa kamu keluarkan dlm situasi takut&tertekan. Konsentrasi membantumu melakukan yg terbaik di bawa tekanan. Tampil dg baik di bawa tekanan adl kunci penting utk menjadi profesional.

Satu hal lagi: bahkan jika kamu buka drummer yg luar biasa, belajar konsentrasi akan membantumu menjadi lebih baik dg memberikan yg terbaik. Yang terbaik adl yg bisak kamu lakukan. Dan itu sangat penting bro!




_____________________
topik diketik menggunakan iP990

0 comments: